Minggu, 30 November 2025

MTs Yasrib Batu-Batu Laksanakan Asesmen Sumatif Akhir Semester Ganjil 2025–2026 Berbasis Android


MadrasahNews - Batu-Batu, 01 Desember 2025 – MTs Yasrib Batu-Batu resmi menyelesaikan rangkaian Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2025–2026 yang berlangsung selama sembilan hari, mulai 1 hingga 9 Desember 2025 Mendatang. Pelaksanaan asesmen tahun ini kembali menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) berbasis Android, sebagai upaya mendukung digitalisasi pembelajaran dan meningkatkan efisiensi evaluasi hasil belajar.

Kepala MTs Yasrib Batu-Batu (Bapak Aliyas,S.Ag.,MM) menyampaikan bahwa penggunaan Android dalam pelaksanaan asesmen memberikan banyak manfaat, baik bagi guru maupun peserta didik. “Pemanfaatan perangkat Android membuat proses ujian lebih praktis, cepat, dan minim penggunaan kertas. Selain itu, siswa sudah terbiasa dengan teknologi sehingga proses pengerjaan soal berlangsung lebih lancar,” ujarnya.

Selama pelaksanaan ASAS, siswa mengerjakan soal melalui aplikasi CBT yang telah disiapkan oleh madrasah. Panitia juga menyiapkan jaringan internet yang stabil serta ruang khusus bagi peserta yang membutuhkan bimbingan teknis. Setiap hari, asesmen dibagi dalam beberapa sesi untuk menjaga ketertiban dan kelancaran.

Guru mata pelajaran juga turut terlibat dalam monitoring harian untuk memastikan soal tampil dengan baik di perangkat siswa serta membantu mengatasi kendala teknis yang muncul, seperti gangguan jaringan atau perangkat yang tiba-tiba mati. Meski terdapat beberapa kendala kecil, seluruh asesmen berjalan dengan aman dan tertib.

Salah seorang siswa, Firda Azzahra, mengaku senang dengan sistem tersebut. “Lebih gampang karena tinggal klik. Soalnya juga cepat muncul. Jadi kami lebih fokus,” ungkapnya.

Dengan berakhirnya Asesmen Sumatif ini, hasil belajar siswa selama satu semester akan segera direkap dan diumumkan pada pertengahan bulan Desember 2025. Madrasah berharap pelaksanaan ASAS berbasis Android ini dapat terus dikembangkan serta menjadi langkah nyata dalam mendukung transformasi digital di lingkungan pendidikan.


0 comments:

Posting Komentar