Dikutip dari buku Manajemen Sekolah: Madrasah Adiwiyata yang ditulis oleh Saeful Uyun, dkk (2020: 69), struktur organisasi yang ada di sekolah umumnya tumbuh dan berkembang seiring berkembangnya sekolah tersebut. Adapun pola organisasi tidak didasarkan pada pekerjaan yang ditentukan oleh pimpinan, tetapi rasa tanggung jawab yang sama-sama dipegang oleh staf dan pemimpin untuk memajukan organisasi.
Beberapa Tujuan Struktur Organisasi yang Penting untuk Dibuat
Staf tidak hanya sekadar melaksanakan tugas saja, tetapi juga memiliki wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik. Pimpinan juga tidak hanya sekadar memberikan perintah atau nasihat saja, tetapi juga memberikan contoh langsung terjun ke lapangan.
Adapun tujuan adanya struktur organisasi ini adalah:
1. Agar keputusan yang diambil oleh pimpinan lebih baik karena telah dipikirkan oleh sejumlah orang dan tanggung jawab yang diemban oleh semua posisi.
2. Pembagian kerja yang logis dan memadai, sehingga tidak terjadi ketimpangan.
3. Organisasi dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Struktur organisasi sekolah dapat terdiri dari penanggung jawab (kepala sekolah dan ketua komite), ketua harian, sekretaris, dan bendahara yang menjadi top leader, serta anggota atau kelompok kerja (pokja). Top leader memiliki tugas untuk mengetahui dan paham mengenai organisasi, menjadi role model dalam mematuhi peraturan, dan sekaligus mampu mengegrakan orang-orang yang ada di bawahnya.
Struktur ke bawahnya adalah anggota atau kelompok kerja (pokja). Anggota atau pokja dibentuk sesuai dengan kebutuhan organisasi sekolah, bisa ditambahkan divisinya atau dikurangi.
Adapun pembagian tugas pekerjaan pada struktur organisasi harus dilaksanakan agar mencapai tujuan organisasi. Setiap pekerjaan yang dibebankan ke masing-masing pihak harus logis dan memadai untuk dilaksanakan. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi ketimpangan dalam beban pekerjaan antara pihak.
Struktur organisasi dapat disesuaikan dengan kegiatan, komunikasi, kewenangan, kekuasaan, pertanggungjawaban, dan mempertanggungjawabkan.
Adapun struktur organisasi MTs Yasrib Batu-Batu Tahun 2022/2023 yakni :
KETUA YAYASAN |
: |
HJ. NURINAYAH DAUD, S.H |
KEPALA MADRASAH |
: |
ALIYAS, S.Ag,.MM |
WAKIL KEPALA MADRASAH |
: |
BURHANUDDIN, S.Pd |
|
|
|
KAUR TATA USAHA |
: |
SAHARIAH, S.Pd |
KURIKULUM |
: |
KAMARIA, S.Pd.I |
HUMAS |
: |
ANDI DALAULENG, S.Pd.I |
KESISWAAN |
: |
ASRIANA RAHMADANI, S.Pd |
SARANA & PRASARANA |
: |
AHMAD AKBAR, S.Or |
|
|
|
KOORDINATOR 7 K |
: |
SUMIANI, S.Pd.I – FITRI, S.Pd,. Gr |
KOORDINATOR KETERAMPILAN |
: |
Hj.SITTI SUHRAH – WAHYUNI RAUF, S.Pd.I., M.Pd |
KOORDINATOR KESENIAN |
: |
ANDI DALAULENG, S.Pd.I – ASRIANA RAHMADANI, S.Pd |
KOORDINATOR PRAMUKA |
: |
ASRIANA RAHMADANI, S.Pd |
KOORDINATOR PMR |
: |
AHMAD AKBAR, S.Or |
KOORDINATOR KOPERASI |
: |
SULASTRI, S.Pd – SUKMAWATI, S.Pd |
KOORDINATOR KEAGAMAAN |
: |
RUSFIATI, S.Ag – AWING, S.S |
KOORDINATOR PERPUSTAKAAN |
: |
MASTANG T, S.Pd – WAHYUNI RAUF, S.Pd.I,.M.Pd |
KOORDINATOR BK |
: |
SULASTRI, S.Pd – KAMARIA, S.Pd.I |
|
|
|
WALI KELAS VII A |
: |
RUSFIATI, S.Ag |
WALI KELAS VII B |
: |
SUKMAWATI, S.Pd |
WALI KELAS VIII A |
: |
FITRI, S.Pd,.Gr |
WALI KELAS VIII B |
: |
MASTANG T, S.Pd |
WALI KELAS VIII C |
: |
AHMAD AKBAR, S.Or |
WALI KELAS VIII D |
: |
SUMIANI, S.Pd |
WALI KELAS IX A |
: |
WAHYUNI RAUF, S.Pd.I,.M.Pd |
WALI KELAS IX B |
: |
SULASTRI, S.Pd |
WALI KELAS IX C |
: |
ANDI DALAULENG, S.Pd.I |
|
|
|
SISWA – SISWI MTs YASRIB BATU - BATU |
0 comments:
Posting Komentar